-->

Pages

Subscribe:

What is Live For ?

Kamis, 27 Desember 2012

Sertifikasi Guru SD, SMP, SMA, SMK


Dalam rangka meningkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Tenaga Pendidik di Indonesia maka Pemerintah Republik Indonesia mengambil Gebrakan Baru yang diawal kemunculannya telah menimbulkan PRO dan KONTRA. PRO bagi setuju agar terus dipertahankan dan diikuti Foolow Upnya. KONTRA bagi yang tidak setuju. Di awal kemunculannya juga telah menelan beberapa KORBAN JIWA karena tidak siap mental atau kondisi kesehatan sedang sangat jelek lalu ikut Sertifikasi dan tragisnya belum melakukan apapun SUDAH STRES DULUAN terus berlanjut dengan KEHILANGAN NYAWA atau karena FAKTOR TIDAK LULUS PORTOFOLIO lalu harus DIKLAT dan tragisnya diikuti STRES BERAT dan berakibat FATAL,"NYAWA HILANG". Tetapi ALhamdu lil laah, korbanyya hanya beberapa orang saja Se-Indonesia baik dari Kalangan DEPDIKNAS maupun DEPAG. Bagi yang siap mental ya tetap jalan, meski APAPUN YANG TERJADI,"LAKUKAN SAJA ! JUST DO IT !".

Beberapa bulan setelah SERTIFIKASI berjalan, itupun telah muncul beberapa KERAGU-RAGUAN,"APAKAH DANA TUNJANGAN SERTIFIKASI BENAR-BENAR AKAN CAIR ?". Pada waktu itu, ketika beberapa Sahabat di Lingkungan Kerja Saya di di RSMABI SMAN 1 Kraksaan, Kabupaten Probolinggo minta pendapat maka JAWABAN SAYA simpel saja yakni :
  1. Insyaa Allooh akan keluar karena ini Program Besar Nasional. Bukan iming-iming belaka, tetapi akan diujudkan. Bilamana sekarang belum keluar karena masih ada kesalahan Database Nasional yang harus dibenahi dan menunggu Lengkap Semua.
  1. Sekiranya tahun ini tidak keluar, tentu diupayakan pada Tahun Berikutnya. Begitu seterusnya.
  1. Sekiranya tahun ini atau beberapa tahun ini tidak keluar,"Jangan memikirkan Tunjangan Sertifikasinya tetapi KEMAMPUAN SEBAGAI TENAGA PENDIDIK MENDAPAT PENGAKUAN DAN PENGUKUHAN DOBEL, di mana yang PERTAMA,"IJAZAH & AKTA MENGAJAR" dan KEDUA,"MENDAPATKAN SELEMBAR SERTIFIKAT PENDIDIK". 
  1. Jangan Suuzhon (Buruk Sangka) ke Pemerintah dan ber-Husnuzhzhon (Baik Sangka) sajalah. Memangnya mudah mengurusi Para Guru Se-Indonesia ini. Selebihnya berdo'a sajalah semoga segera keluar dan membawa Barokah Lahir Batin Dunia Akhirat.
Begitu tahu Para Guru mendapatkan Sertifikasi, maka yang dulunya Banyak Di Antara Masyarakat Kita alergi menjadi PNS Guru, kini REBUTAN kayak Penduduk Dunia di Film "CHARLIE AND THE CHOCOLATE FACTORY" yang tergila-gila ingin mendapatkan SATU (1) di antara LIMA (5) dari "GOLDEN TICKET". Padahal sebelumnya, sebagian Penduduk mencibir keberadaan Para Guru. Kemampuan dianggap rendah kok menjadi Guru dan Gajinya Rendah lagi. Nasib Kesejahteraan mulai terangkat signifikan ketika di Pemerintahan GUS DUR. GUS DUR manusia biasa yang memiliki serentetean kelebihan dan sekaligus kelemahannya, namun ini merupakan "SISI BAIK GUS DUR dan HADIAH GUS DUR untuk PNS Indonesia dan berlanjut di Era Pemerintahan Ibu Megawati Sukarno Putri serta dilanjutkan lebih serius lagi disempurnakan di Era Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Ini semua semata-mata KARUNIA ALLOOH SWT YANG MAHA SEGALANYA DI ATAS SEGALA YANG ADA.

Di saat lagi menikmati FASILITAS DANA SERTIFIKASI PARA PNS Guru dikejutkan dan digelisahkan oleh adanya Program Pemerintah Pusat terbaru yakni PKB  dan PKG yang akan diberlakukan pada tahun 2013, lalu Para Bapak Ibu Guru disbukkan WORKSHOP PKB-PKG selama 5 hari di SELURUH WILAYAH KABUPATEN dan KOTAMADYA SE-INDONESIA. Tidak lama kemudian diadakan UKG ONLINE SE-INDONESIA yang ternyata HASILNYA YANG LULUS TIDAK SAMPAI 50%. Karena saking terkejutnya, ada beberapa Peserta UKG ONLINE meninggal dunia. Banyak Faktor atas gagalnya tersebut, namun pada Artikel ini sengaja tidak MEMBAHASNYA.

Ketika ada beberapa Sahabat Saya minta Pendapat yakni "Mengapa kok ada-ada saja Program Pemerintah Kita ? PKG ONLINE baru selesai disusul Rencana Baru Lainnya. Kayaknya tidak rela Para Pegawainya menikmati Dana Sertifikasi ?" Bagaimana pendapat Panjenengan tentang hal ini ? Apakah siap menghadapinya ? Jawab Saya :
  1. Bilamana kita renungkan, itu semua konsekuensi logis dari adanya SERTIFIKASI dan Pencairan Dananya yang tentunya sangat besar. Masak sih cari enaknya saja ? Dengan kata lain,"Anggap Saja, Pemerintah menagih janji KEPROFESIONALAN KINERJA KITA demi Kualitas Pendidikan di Indonesia.
  1. Bukannya tidak rela, namun itu bagian strategi Pemerintah agar kita meningkatkan Kualitas Kita meski pada kenyataannya tidak semudah membalik telapak tangan, apalagi telapak tangannya digip karena habis kecelakaan, malah TIDAK BISA APA-APA.
  1. Apakah Saya siap ? Saya tidak bisa menjawab, namun ya sebisa-bisanya sesuai kemampuan maksimal diri Saya. Siap tidak siap, ya disiapkan sajalah daripada tidak. Tiudak usah tegang, stres, atau bahkan meninggal dunia gara-gara PROGRAM INI. Ini namanya MATI KONYOL.
Selanjutnya, silahkan ikuti Liku-Liku PELAKSANAAN SERTIFIKASI  DI INDONESIA yang terus berjalan hingga saat ini di bawah ini :
  1. Sertifikasi Guru 2012 Versi KEMDIKNAS
  2. Alur Sertifikasi 2013 
  3. NUPTK KEMDIKNAS
  4. NUPTK-Psdmp.kemdikbud  
  5. NUPTK Jawa Timur  
  6. PLPG
Sementara ini dulu, semoga bermanfaat. Aamiiiiiin  3x. 

0 komentar:

Posting Komentar